Dienstag, 24. September 2013

Jalan2 EROPA : Jalan di PARIS...

PARIS.. okeh.. kita langsung aja yaa...
Saran saya untuk yang mau jalan-jalan di PARIS..

1. Pilih hotel di deket Gare du Nord, karena itu Stasiun Utama Paris, jadi yang dateng naik kereta/bis dari negara lain, gak repot cari2 hotel..

2. Tetapi memang perhotelan di daerah Gare Du Nord itu bisa dibilang bukan daerah yang bersih dan tenang, soalnya daerahnya selalu ramai sampai malam hari dan karena selalu banyak orang hilir mudik jadi termasuk salah satu daerah terkotor di kota Paris.. Juga untuk orang-orang Paris, daerah itu disebut daerah orang2 asing, soalnya banyak banget orang asing di daerah itu..




3. Kalau mau mengelilingi kota Paris dalam 1 hari, lebih baik ikutan Bis "Hop On Hop Off".. Bis ini khusus untuk bis pariwisata, halte2 nya pun hanya di tempat2 pariwisata.


** Ada 2 jenis bis hop off hop on, ada yang warnanya MERAH dan HIJAU ... 

** Bis MERAH daerah lingkupnya lebih kecil, hanya berhenti di 9 halte, berarti hanya ke 9 tempat wisata, sedang bis HIJAU punya perhentian sampai 52 halte.

** Bis MERAH  harga ticketnya lebih murah, hanya 27eur, sedang bus HIJAU harga ticketnya 31eur untuk seharian... 

** Ticket dibeli di supir bus langsung dan supir hanya menerima uang cash, tidak bisa beli pakai kartu kredit ya... Seharian itu artinya bus beroperasi dari jam 9 sampai jam 18.. 

** Bus MERAH dan HIJAU memulai tour tepat di seberang Stasiun Gare Du Nord.. 

** Kita boleh turun di satu tempat wisata, kemudian naik lagi bus yang sama untuk ke tempat wisata berikutnya, sampai waktu operasi busnya berakhir.. 

** Ada juga penawaran ticket bus HIJAU ditambah ticket bus boat untuk mengelilingi sungai di Paris, harganya 44eur..


4. sekali lagi, Tas tangan & Tas ransel JANGAN DI BELAKANG, karena BANYAK JAMBRET.. ;))

5. Kalau lebih memilih naik Metro/Bus juga bisa.. 

Untuk sekali jalan ticket Metro harganya 1,50eur, untuk ticket Bus 1,90eur.. Ticket Bus dibeli langsung di supir bus, dan hanya menerima uang cash, sedang ticket Metro dibeli di stasiun Metro, lebih baik beli pakai mesin, karena penjualnya rata2 TIDAK BISA BAHASA INGGRIS... aneh kan? padahal kota wisata dunia??? 

Dan lucunya lagi, ticket metro itu juga bisa berlaku untuk bus loh... jadi kenapa harganya beda?? saya juga gak tau..misteri orang Prancis.. Kalau beli ticket di mesin, selain lebih murah, juga ada ticket gabungan, jadi kalau beli 10 ticket, harga lebih murah dibanding beli satuan.. 

Biasanya sih, di tiap tempat wisata ada halte Bus / stasiun Metro, jadi jangan khawatir bagi yang liburan dengan budget rendah.. =))

6. Sebelum memulai perjalanan, lebih baik membaca dulu waktu buka museum2 di Paris, soalnya berbeda-beda.. Seperti contohnya, museum montpellier hari Selasa itu TUTUP, aneh kan??

7. Untuk hiburan malam, ada permainan cahaya Eiffel di waktu malam, Eiffel At Night sampai jam 12 malam, Bagus banget, gak rugi kalau ke sana malam2.. tetapi hati-hati, Metro hanya beroperasi sampai jam 12 malam juga, jadi klo mau ke sana, ambil Metro untuk pulang jangan kemalaman, soalnya nanti harus naik bus yang harus muter-muter keliling kota Paris dulu hanya untuk sampai ke Stasiun Gare Du Nord (berdasarkan pengalaman pribadiiiii... hicks..)..

8. Kalau mau beli Kaos "I LOVE PARIS" lebih baik di daerah Notre Dame, LEBIH MURAH dan banyak jual kaos2 Paris lainnya... Untuk Kaos yang ORI harganya sekitar 10-12Eur, kalau untuk yang KW-nya harga sekitar 5-6Eur..

Kalau mau beli Gantungan Kunci Miniatur Eiffel lebih baik di Eiffel langsung, sama penjual yang hitam2, LEBIH MURAH dan BISA DITAWAR, kalau bisa tawar sampai 6 gantungan kunci seharga 1Eur !! hehehe... Tetapi hati2 sama penjual2 itu, bayar pakai uang PAS, & kalau bisa pakai UANG RECEH saja!!

Tempelan Kulkas, harga termurah yang kami dapatkan, 6 tempelan kulkas sederhana untuk 5Eur, kalau lebih mahal mending cari di tempat lain.. Tetapi kalau mau beli yang mahal sih, bole bole aja.. hehe.

saran dari saya: JANGAN BELI merchandise2 di toko-toko menchandise di daerah EIFFEL atau CHAMPS ELYSEES karena harganya SANGAT SANGAT MAHAL !!


** Kata orang, PARIS itu a city to fall in love.. mungkin itu jaman dulu ya, karena menurut saya Paris SAMA SEKALI tidak berkesan romantis ataupun bagus.. sekarang pengalaman BURUK saya di PARIS...

1. Di wilayah Stasiun Gare Du Nord banyak banget orang asing, dan orang asingnya kebanyakan yang berkulit hitam, jadinya kalau jalan-jalan di daerah itu malam-malam agak menakutkan untuk kita orang asia apalagi perempuan.. Dan mereka kebanyakan suka mejeng2 gitu, jadi kesannya bukan orang baik2? 

2. Kalau travel waktu musim panas menurut saya bukan waktu yang bagus, kenapa? kalau kita masuk stasiun Metro dimana saja di seluruh wilayah paris, yang pertama kali kita temukan adalah bau pesing!! ASLI gak buat kesan positif SAMA SEKALI !!!

3. Orang-orangnya juga PADA GAK BISA BAHASA INGGRIS !! terutama polisi, petugas penjual karcis, supir bus, petugas kebersihan.... kayanya sih HAMPIR SEMUANYA ??? Jadi kalau kita tersesat di jalan agak susah, mendingan tanya sesama turis dari pada tanya sama orang Prancis !!


Okaii.. untuk sementara segitu duluuu... Nanti kalau ada yang inget2 lagi, ku tambah..
Atau mungkin ada temen2 yang mau tambah pengalamannya??

ps: gambar bus & metro dari paristoolkit.com dan bahnbilder.de

10 Kommentare:

Unknown hat gesagt…
Der Kommentar wurde von einem Blog-Administrator entfernt.
Unknown hat gesagt…

Hai magda. Mau tanya nih, beli tempelan kulkasnya di daerah mana? Di eiffel jg kah?

Vidya Lee Gothica hat gesagt…

aaaaakk ngeliat beberapa kalimat di point nomor 2 saya harap saya baik2 saja karna saya bakalan ke paris tanggal 22-24 juni summer ini duuh bau pesing paling gak tahan.

Unknown hat gesagt…

sis @Ainunna --> maaf banget telat bls.. sepengetahuan saya tempelan kulas ga ada di eifel.. banyakan di tenda2 yg jual merchandise turis.. tenda2 nya yg paling banyak ada di seberang notredam.. biasa nya klo beli banyak, misal nya 5 / 10 dapet harga grosir.. klo jalan2 sma temen, lebih baik patungan & beli bareng2.. jatuh nya lebih murah :)

sis Vidya --> iya, lebih baik hindarkan masuk keluar metro unt sommer.. parah bgt org2 item nya.. bahkan saya & keluarga lihat sendiri, mereka itu buang air kecil di pohon deket stasiun metro.. parah banget de...

juga makasih sudah mampir di blog saya.. :)

Unknown hat gesagt…

aq mau serin masalah pribadi aq,dlu aq orang tak punya dan udah usaha kekiri kanan tapi dapat hasil memuaskan,tapi aq tak putus asa cari orang yg bisa membantu aq,aq cek di internet aq temukan atas nama aky dewata tanah dgn no.beliau 085255557816,syukur puji tuhan berkat beliau aq udah sukses sekaran,bagi saudara mau sperti aq slkn berurusan dgn aky,yg penting anda hrs berbicara sopan am beliau insaallah anda akan dibantu melalui kemampuan beliau.ini kisah aq.terima kasih

Guide Dieng hat gesagt…

jadi pengen nih liburan ke paris huhu hu

Paket Wisata Dieng

Unknown hat gesagt…

TERIMA JASA TOUR GUIDE PARIS

Cocok untuk yang ingin menghemat waktu & tidak tahu kota paris

KEUNTUNGAN :
1. Menghemat waktu dari pada harus mencari lokasi/ takut nyasara
2. Biaya terjangkau/ bias nego
3. Waktu fleksibel ( hubungin terlebih dahulu )
4. Tour guide bisa berbicara Bahasa Indonesia dan Prancis
5. Free antar jemput ke bandara CDG Paris

Syarat & ketentuan :
• Transport di tanggung masing2 peserta ( mobil ataupun transport umum )
• Makan Tour guide di Tanggung peserta

CP:
WA : +33771174763
Email : gratiaatanka@ymail.com

Lintang hat gesagt…

Ahahahahah,,, aku kok malah penasaran naik bus reguler Prancis yang diajak muter-muter keliling kota itu yaa,, jauh lebih murah daripada bus hop on hop off & lebih menantang :D

Unknown hat gesagt…

kapan ya bisa tour kesini, sepertinya indah!

stenote hat gesagt…

Blog yang menarik, mengingatkan saya akan Le Marais di Paris. Daerah ini menjadi daerah yang modis, kebanyakan mansion-mansion dirubah menjadi museum, perpustakaan dan sekolah, yang dikelilingi toko-toko pakaian terbaik, tempat makan dan galeri seni moderen.
Saya mencoba menulis blog tentang hal ini, semoga anda juga suka blog di http://stenote-berkata.blogspot.com/2020/11/paris-di-le-marais.html

Kommentar veröffentlichen