Montag, 7. Oktober 2013

Jalan2 EROPA: Jalan Menuju Roma...

Untuk ke Roma kemaren saya mengambil jalur kereta, karena kita tadinya tidak ada rencana ke Roma, jadinya kita juga takut ticket pesawat lebih mahal..

Tetapi menurut pendapat pribadi, saya tidak terlalu menyarankan untuk pakai kereta ke Rome dari Jerman, karena perjalanan panjang dan terlalu lama..

Berikut beberapa cara yang bisa kita pakai untuk jalan ke Roma..


1. Naik kereta..

Dari Jerman, saya kemaren tepatnya dari Stuttgart, ongkos per orang 150Eur, yang diskon hanya untuk anak2 dibawah 11th, kalau 11th ke atas dianggap remaja sampai 15th.. Di atas 15th dianggap dewasa..



Memang untuk transportasi kereta cepat ke Rome terkenal paling mahal & paling pelit ksh diskon..
Kita kemarin travel serombongan, tetapi tidak dapat diskon apa2 untuk pembelian ticketnya, bayar per orang dengan harga normal..

Lama  perjalanan 8-9 jam.. melewati Milan.. Kalau mau naik kereta, sebaiknya ticket dibeli paling lama 3 hari sebelumnya, karena kalau dibelinya mepet, dapat tempat duduknya terpisah2 apabila travel rame2.

Tempat duduk di kereta cepat seluruh Eropa harus dipesan, jadi ada biaya "seat reservation", dan di kereta kita juga harus duduk sesuai nomor tempat duduk kita di kereta..

Kesan saya: perjalanan terlalu panjang, melelahkan, dan orang2 Italy sama sekali tidak ramah apabila mendapati orang duduk di seat mereka atau orang salah duduk di seat mereka..

Kalau dari Belanda, saya tidak menyarankan naik kereta, lebih baik naik pesawat.. =))


2.  Naik BUS...

Bus antar negara yang seperti sudah saya bahas di Post yang lalu, namanya EUROLINES, menawarkan banyak perjalanan dari JERMAN ke ROME..

cuma perjalanannya lumayan lama, sekitar 15-20 jam untuk sampai di Rome.. Ongkosnya per orang sekitar 80-150Eur, anak dibawah 11th diskon 25%, anak dibawah 3th diskon 50%.. Biaya ticket bus tergantung jauhnya perjalanan / tergantung dari mana naik Busnya..

Naik nya bisa dari Duesseldorf, Koeln, Stuttgart, Frankfurt, Berlin dan kota2 besar lainnya, lumayan banyak sih.. Biasanya tempat untuk naik busnya tepat di sebelah Stasiun Kereta Api..

Beli ticket bisa secara online di eurolines.de / di ruko eurolines langsung / di travel biro di stasiun atau di kota..


3. Naik pesawat..

Dari Jerman naik pesawat ke Rome, bisa memakai pesawat ryanair, easyjet,germanwings, swissair, dll...

untuk pesawat murah & kecil seperti ryanair dan easyjet, terbangnya biasanya dari airport yang kecil seperti Duesseldorf, Frankfurt Hahn atau Karlsruhe Baden-baden. Jadi untuk ke airport itu harus pakai Bus Shuttle, biayanya sekitar 20-30Eur per orang..

Ticket Bus Shuttle bisa dibeli online / di stasiun kereta / di travel biro / di bus langsung.. Untuk group biasanya ada harga2 spesial, tapi sudah harus dibeli terlebih dahulu, untuk ticket group tidak dapat dibeli di bus langsung..

Untuk ticket pesawat kecil ke Rome dari Jerman, kalau mau dapat harga murah, booknya lebih baik jauh2 hari sebelumnya, paling murah sekitar 60-70Eur, sedang paling mahalnya bisa sampai 200Eur per orang..


4. Naik mobil..

Untuk yang punya Sim Internasional diperbolehkan menyewa mobil di Eropa..

Biaya sewa mobil di Eropa lebih murah kalau sewa nya waktu weekend, kalau kita sewa jumat/sabtu kita bisa kembalikan senen, karena perkantoran di Eropa TUTUP SEMUA untuk hari Minggu, jadi keuntungan bagi yang menyewa di weekend..


okeyyy... segini dulu infonya.. bagi yang mau nambah2 boleee...


ps: pic dari en.wikipedia.org , de.wikipedia.org dan www.whyrome.info