Mittwoch, 2. Oktober 2013

Jalan2 EROPA : Jalan di Swiss (1)...


 okeee.. sekarang giliran SWISS...

Selama di Swiss saya cuma sempet jalan ke LUZERN, ZUERICH dan TITLIS..
itu pun jalan-jalannya agak terburu-buru, jadi mohon maaf kalau saran2 nya agak sedikit untuk Swiss..
tapi saya akan tambahin beberapa saran yang saya dpt dari temen2 saya yaa...

Info penting: di Swiss berlaku mata uang lain, namanya FRANKEN.. Mereka menerima EURO untuk pembayaran, tetapi untuk kembaliaannya mereka akan kasih FRANKEN.. Jadi hati2 yang membayar dengan mata uang besar, harus menghabiskan sluruh Frankennya di Swiss, kalau tidak mau bawa pulang lagi... =))


ZUERICH..
1. Kota nya lumayan, gak kecil banget, tapi gak gede banget juga.. jalan 1 hari sdh cukup untuk di ZUERICH.. tetapi kalau travel dengan budget rendah, saya saranin JANGAN INAP di Zuerich, karena Hotel2 MAHAL2...

2. Kabarnya Zuerich adalah kota di EROPA yang memproduksi COKLAT PERTAMA.. Dulu namanya Lindt, tetapi sekarang nama tokonya dirubah jadi Sprungli.. Tokonya masih berdiri di Zuerich ini, katanya klo ke Zuerich tapi gak ke Lindt kurang afdol jalan2 di Zuerichnyaa...

Tapi hati2, coklat2 di tokonya itu harganya mahal-mahal euyy.. jangan sampe kaget yaa..
Saya kurang hobby coklat, jadi cobain macaroon aja, rasanya asli ENAK BGT.. harganya 1,80Eur per buah.. yah klo untuk coba2 aja sihhh, bole ya..

3. Bagi yang suka city travel, JANGAN ke Zuerich di hari MINGGU.. Semua tokonya TUTUP..
bukan hanya pertokoan aja, tetapi sampai ke restoran2nya loooohhh... asli pusat kotanya mati total, resto yang buka hanya yang di dalam stasiun, dan yang jalan cuma Ferry nya aja..

4. Naik Ferry mengelilingi danau di Zuerich, harganya 7Eur per orang lama perjalanan sekitar 30 menit..

5. Kalau mau dekat Natal ke Zuerich, di dalam stasiun ada pasar malam, namanya Christkindle-Markt, di depan pasarnya ada Pohon Natal BESAR, hiasan pohonnya semuanya kristal SWAROVSKI..



LUZERN..
1. Penginapan lebih murah dibanding di Zuerich..

Kami menginap di Hotel Ibis, per kamar biayanya 36Eur (double room).. padahal bookingnya lumayan tiba2 loh.. jadi tidak begitu mahal juga..

Cuma Hotel Ibis agak jauh dari Stasiun, harus naik bis dulu, trus jalan sedikit.. Kalau mau jalan kaki bisa, lamanya sekitar 20 menitan..


2. Kotanya kecil, tetapi pusat kotanya ramai ... Gedung2nya lebih tradisional dibanding Zuerich..
di pusat kotanya ada toko BATA lohhh...





3. Ke Chapel Bridge & Sungai Reuss..

Chapel Bridge adalah jembatan bersejarah di kota Luzern.. Letaknya tepat di atas Sungai Reuss..

Panjang nya 200m awalnya, sekarang tinggal 170m..





di dalamnya berisi lukisan2 tentang sejarah kota Luzern yg dilukis oleh Hans Heinrich Waegmann.. Dibangun pada abad ke 14 / tahun 1333, tetapi pada tahun 1993 jembatan itu terbakar..

Setelah peristiwa kebakaran, jembatannya dibangun lagi, mengikuti gaya aslinya, jadinya jembatannya terlihat sangat sederhana...



Tadinya ada 158 lukisan di dalam jembatan itu, karena peristiwa kebakaran itu sekarang tinggal sekitar 100 an lukisan aja...





4. Ada istana / Schloss di atas bukit,

** untuk ke istana harus naik BERGBAHN 
seperti di Heidelberg, cuma sudah lama tidak beroperasi lagi, jadi sekarang hanya bisa dijangkau dengan mobil saja..

Dari atas bisa lihat seluruh kota Luzern.. Bagus banget.. Sempet ambil foto dari atas gunung / Castle untuk pemandangan seluruh kota Luzern (Foto di atas yaaa...)





5. Pemandangan langsung ke pegunungan di Swiss lebih jelas kelihatan dari Luzern..


6. Jangan lupa makan Kaese-Fondue...
** Karena Kaese-Fondue / Keju Fondue ini makanan khas Swiss.. Bagi yang suka keju mungkin bakalan suka, tetapi yang ga gitu suka keju, mending bawa orang yang suka, supaya ada yang habisin... hehe.. rasa keju nya agak2 berbeda dari keju biasa ada rasa pahit2nya juga, lebih asin, dan baunya lebih menyengat, karena kejunya harus dimasak...


okaiii... untuk Swiss ada bagian kedua nya, untuk yang TITLIS yaaa..