Dienstag, 8. Oktober 2013

Jalan2 EROPA: Jalan di Roma (1)...

Persinggahan selanjutnya ROMA...

dikenal sebagai kota yang sangat bersejarah.. orang2 Roma termasuk orang-orang pertama di dunia yang lebih dulu maju..

berikut saran2 & info2 dari saya untuk liburan di ROMA...

1. Cari penginapan di sekitar Stasiun Utama yaitu STASIUN TERMINI..

karena semua transportasi dari luar negeri hanya menuju Stasiun Termini.. dan kalau naik pesawat kecil seperti ryanair dan easyjet, akan mendarat di Airport Fumicinno, letaknya di luar kota, untuk ke kota Rome juga harus pakai Bus Shuttle atau kereta yang menuju ke Stasiun Termini..

Untuk booking hotel/hostel sebaiknya booking lewat online saja, karena kalau book di tempat, kemungkinan dapat tempat sangat kecil dan harganya juga lebih mahal.. Kalau hotel di dekat stasiun jadi lebih mudah mencari2 hotel setelah perjalanan panjang, tidak harus menarik2 koper / pakai taxi..

Tidak perlu khawatir akan kehabisan hotel di Termini... Banyak sekali hotel2 di sekitar Termini, dari bintang 2 sampai bintang 5.. bahkan hostel2nya pun banyak, dari yang tidur gaya bungker alias beramai2 satu lantai sampai hostel yang lumayan bagus..

Untuk harga sangat2 beragam, kalau untuk hostel gaya bungker, 5-10 orang satu ruangan, biasanya sangat murah, kisaran harga 8-10Eur per malam. Hostel yang untuk 3-4 orang per kamar biasanya harganya 10-15Eur per malam.. Hostel juga ada yang punya double room, harga sekitar 20-30Eur per kamar.. untuk hotel yang termurah, bintang 2-3, harga double roomnya sekitar 30-50Eur per malam...


2. TOURIST TAX di Rome...

Sejak tahun 2013 ada peraturan baru di Rome, setiap orang baik anak2 maupun dewasa, diberlakukan TOURIST TAX, harganya 2Eur per orang per malam..

dan uang tax ini sudah ditagih di muka oleh si pemilik hotel/hostel lohhhh...


3. untuk transportasi di dalam kota / di italy, lebih baik TIDAK MEMAKAI TAXI !!!

Pengemudi Taxi di Rome / Italy sudah terkenal banget suka ugal-ugalan dan menyetir tidak teratur, juga tidak mementingkan keselamatan penumpang..

kemarin itu bahkan kami ada pengalaman yang sangat buruk pakai taxi.. karena itu saya sangat sangat tidak menganjurkan pakai taxi di Rome !!!

Metro di Rome sebenarnya sangat mudah dipakai, hanya punya 2 jalur saja, jalur A dan jalur B, jadi sangat mudah untuk turis.. untuk ke tempat-tempat wisata semua nya ada di JALUR A (kalau tidak salah yaa).. Nama2 haltenya pun sesuai dengan nama tempat bersejarahnya, seperti COLOSSEO, VATICAN, dll..


4. saran pribadi dari saya: Lebih baik JANGAN AMBIL UANG dari ATM di ROME..

kita kemarin 2x mendapat pengalaman buruk mengambil uang di Rome lohhh!!

yang satu, uangnya tidak keluar sama sekali, tetapi nota sudah keluar & tertulis bahwa uang sudah keluar dari no rekening tersebut..

yang kedua, uang keluar lama sekali & kartu keluar lebih lama, sehingga orangnya mengira kartu tidak keluar sama sekali dan claim ke bank yang punya atm tersebut. Bank memeriksa dan melaporkan bahwa kartu memang keluar tetapi ketika mereka kembali ke atm, kartu sudah tidak di tempat..

Untungnya keduanya segera melaporkan pada bank di Indonesia, jadi belum sempat ada uang yang hilang..


5. JANGAN Menyandang Tas di BELAKANG / JANGAN MENGANTONGI DOMPET di belakang atau pun di depan !!

Copet di Rome sangat terkenal juga terkenal sangat profesional untuk daerah Eropa, lebih ganas dan lebih canggih daripada di Belanda / Prancis.. jadi mungkin uang lebih baik tidak semuanya ditaruh di dompet, karena dompet itu sasaran utama mereka..

Kejadian copet mencopet banyak terjadi di stasiun Metro / di dalam Metro, karena lokasi sangat ramai.. saya sendiri pernah melihat orang yang hampir tercopet dompetnya, untungnya kita pada teriak, jadi copetnya lari.. dan copetnya itu pasti dan selalu tidak dilakukan oleh 1 orang!! Jadi hati-hati dompet dan tas masing2 di Rome.. =))


6. Saran pribadi lagi: kalau memang niat ke Rome, lebih baik mengambil minimal 2/3 malam di Rome,

** karena BANYAK SEKALI yang harus dijalani... dan 1 hari khusus di VATICAN, soalnya di Vatican itu banyak sekali pengunjungnya, untuk antri aja butuh waktu sehariannn...


Kali ini saran & info dulu yaa.. Post berikutnya Rome lagiii... =))