Mittwoch, 9. Oktober 2013

Jalan2 EROPA: Jalan di Roma (2)...

Sekarang giliran kita ke Roma...

Untuk Roma saya ambil waktu 1 harian penuh, tetapi itu pun hanya bisa ke tempat2 yang inti saja, karena hari ke 1 kita sampe di Termini lumayan sore, harus cari2 alamat hotel, juga kecapean naik keretaaa... Karena itu saran saya sih, supaya waktu tidak terbuang, mending naik pesawat yang sampai di pagi hari.. =))

Kalau mau naik Metro, biaya per orang 1,50Eur, anak2 & dewasa sama. Ticket Metro hanya bisa dibeli di mesin ya.. Kalau ke Coloseum dari Stasiun Termini naik di Jalur A..

1. COLOSEUM..

Dari Stasiun Termini, Colosseum adalah halte PERTAMA untuk tempat Wisata.. Nama Haltenya pun juga COLOSSEO.. keluar dari halte, langsung berhadapan dengan Colosseum..

Bagi yang pernah nonton "Gladiator" pasti kepingin mengunjungi Coloseum ni.. tetapi jangan kecewa yaa.. ternyata bagian dalamnya tidak seperti di film "Gladiator".. Keadaan dalamnya sudah banyak yang jadi puing2 alias gak mulus lagi.. di bagian tengahnya juga tidak seperti lapangan tetapi labyrinth dengan tembok2..

 Jadi jaman dahulu itu gladiatornya di suruh masuk ke labyrinth, tanpa mengetahui siapa lawan mereka, kemudian segala jenis binatang dimasukkan ke labyrinth itu juga.. Para penonton yang duduk bisa melihat pertandingan dengan jelas dari atas.. Kabarnya bahkan hiu pun pernah di jadikan lawannya gladiator loh, bingung kan? >_<

Biaya masuk 4Eur, hanya untuk bagian di tempat duduk penonton.. Apabila mau sampai di tengah2 podium biaya 9/10Eur (kalau tidak salah yaaa) & kalau mau sekalian masuk Forum Kekaisaran ticket masuk skitar 12Eur.. Tetapi untuk di tengah2 podium itu hanya dibuka waktu2 tertentu aja, waktu saya ke sana lagi di tutup, jadi kita cuma masuk dan naik kelilingin tempat2 duduk penonton..

Kesan saya pribadi: tidak terlalu menarik, karena yang bisa kita lihat cuma puing2 aja.. Di bagian tengah pun tidak terlalu banyak yang bisa dilihat dan di WOW kan..

Dari Coloseum ini saya berjalan kaki ke tempat2 selanjutnya...


2. Forum Kekaisaran dan Pengadilan..

Biaya masuk sekitar 7Eur..

isinya tinggal puing2 saja.. Karena pagar yang mengelilingi puing2nya pendek, jadi dari luar kita masih bisa lihat2 pepuingannya juga si.. menurut saya gak terlalu bagus sekali sampai harus masuk... ;p..


3. PANTHEON

Biaya masuk GRATIS...

Gereja yang sudah berumur lebih dari 2000 tahun, dari luar tampak tua, tetapi interior dalam masih terlihat bagus banget, hampir smuanya dari marmer..

Salah satu bangunan yang paling artistik di Rome, karena orang2 Roma sudah maju jalan berpikirnya, jadi sudah sejak dahulu banyak bangunan2 mereka yang dibuat aneh2..



4. FONTANA DI TREVI.. alias kolam Dewa Zeus..

Kalau kita lempar uang ke kolam itu, dengan cara membelakangi kolam tersebut, diyakini akan kembali lagi ke Roma.

Kabarnya setiap harinya kota Roma dapat menyedot uang dari kolam sebesar 200rb Eur loh!!! hanya karena para turis percaya takhayul itu, tetapi saya juga ikutan percaya siiiii, demi balik lagi ke Roma, hahaha..


5. SPANISH STEPS & PIAZZA DI SPAGNA..

Spanish Steps itu tangga yang panjang banget... di bilang Spanish Steps karena di  ujung bawah tangga ini dulu ada kedutaan Spanyol dan banyak orang Spanyol yang tinggal dan datang ke daerah itu.. Tetapi yang bangun tangga itu sebenernya orang Prancis..

Piazza di Spagna ini adalah replika perahu dari batu, di taro di ujung tangga, konon dulu itu orang2 Spanyol yang datang ke Roma itu pelaut, dan karena itu dulu daerah mereka, jadi kota Roma buat perahu itu untuk lambang daerah mereka..

Di ujung paling atas ada gereja Trinita de Monti, kepunyaan orang Prancis, supaya memudahkan orang ke gereja, karena itu tangga itu dibuat, tetapi karena lebih banyak orang Spanyol yang duduk2 di situ, jadi namanya dibuat Spanish Steps..

Gerejanya sebenernya kecil,  tetapi dari balkonnya gereja itu bisa melihat seluruh kota Roma.. bagus banget..

Biaya masuk GRATIS, karena letaknya di tengah2 kota... tepat di depan tangga merupakan pusat kota / pusat perbelanjaan yang terkenal, banyak brand2 mahal, seperti Gucci, 1881, Valentino, pokoknya semua toko2 designer ada di situ...



6. PIAZZA NAVONA..

Suatu tempat di Roma yang luas dan panjang, di tengah2 banyak penjual merchandise dan pelukis2 yang bisa dibayar untuk melukis wajah kita dengan style2 beragam, dari karikatur, komik, postcard, dll.. Pelukis2 nya juga menjual gambar2 kota Roma dari ukuran postcard sampai ukuran yang besar, harga2 lukisan mereka lumayan mahal, untuk yg postcard aja bisa sampai 30Eur per piece lohh..

di sekeliling daerah ini semuanya restoran2 italy, terkenal juga mahalnyaaa.. =))

Tetapi di daerah gang2 nya ada banyak makanan fastfood yang dijual murah.. Bagi yang travel dengan budget rendah, mending makan di imbis2 kecil itu, fastfood yang dijual seperti crepes, pizza, paela, fries, dll, pokoknya makanan itali & lumayan enak looohhh.. harga kisaran dari 1,50Eur - 3Eur saja..

Kalau musim panas, toko es creamnya juga dibuka, dan kalau musim panas ke Roma saya sarankan harus membeli eskrim di sini, karena es krimnya lain dan enak buangetttt.. =))
Harga per scoopnya sekitar 70cent sampai 1Eur..


Tempat2 yang sempet saya kunjungi satu harian cuma beberapa tempat di atas, sebenarnya masih banyak tempat2 lain, seperti Piazza de Polpolo, Vittorio Emanuele II Monument, Galeria Alberta Sordi, dll..

Karena itu jangan lupa lempar koin di Fontana di Trevi supaya lain kali bisa dateng lagi & melanjutkan apa yang belum dilihat, hehehe... =))


0 Kommentare:

Kommentar veröffentlichen