Freitag, 11. Oktober 2013

Jalan2 EROPA: Jalan di Roma (3)...


 Setelah post sebelumnya panjang lebar tentang Roma, sekarang giliran Vatican...

Vatican adalah suatu negara di dalam Roma.. daerah sangat-sangat kecil, tetapi pengunjung yang datang, membludak banget, dari seluruh dunia..

Naik Metro dari Stasiun Termini ke Vatican sangat mudah, ongkos per orang 1,50Eur, lama perjalanan kurang lebih 20 menit.. Nama Haltenya pun Vaticca, keluar dari halte, jalan kaki menuju gereja Basilica kurang lebih 25-30 menit, kalau bingung, ikutin aja rombongan orang2 di sekitar, karena mereka smua pasti mau ke Vatican.. =))

Saran dari saya: lebih baik pergi pagi2 sekali, seperti jam 7 pagi, karena museum / gereja Basilica sudah buka sebelum jam 8 pagi... dan untuk menghindari antrian yang akan sangat-sangat panjang..


1. Museum Vatican

Saran lagi dari saya: 
** kunjungan pertama di Vatican lebih baik ke Museum Vatican, karena museum Vatican waktu buka nya hanya dari jam 7.30 - 13.00 saja, sedang Gereja Basilica sepertinya waktu bukanya lebih lama..

** jangan lupa membawa air minum, karena Museum Vatican ini SANGAT SANGAT SANGAT panjang... saya sendiri sudah masuk dari jam 8 pagi, baru selesai di dalam museum sekitar jam 12 siang... Jadi untuk menambah tenaga untuk berjalan di dalam museum, lebih baik bawa snack & air minum.. =))

Cara ke Museum Vatican: sebelum pintu masuk Gereja Basilica, belok ke kanan, kemudian jalan terus saja menyelusuri tembok besar yang panjaaannnggg, di ujung tembok kemudian belok kiri untuk masuk ke pintu masuk Museum..

Ticket masuk 16Eur orang dewasa, anak2 dibawah 12th 11Eur..


ada 4 Museum inti di dalam Museim Vatican: Museum Pio-Clementino, Chiaramonti, Gregoriano Etrusco, Gregoriano Egiziano..

Bentuk museumnya seperti huruf U, jadi mau tidak mau kita harus menjelajah ke seluruh bagian Museum untuk dapat menuju pintu keluar..

Di dalam museum ada juga beberapa mumi yang dipajang, ada masih tertutup perban putih, ada juga yang dibuka perbannya, bahkan ada mumi anak2.. Yang paling membuat saya tercengang itu lukisan2 di langit2 gedung museum dan itu banyak sekali !!




lukisan di langit2 yang paling terkenal itu lukisan Michael Angelo tentang "Penciptaan Manusia", yang dilukiskan seperti tangan Adam dan tangan Tuhan yang saling menggapai.. Lukisan itu terletak di Sistine Chapel, di bagian ujung Museum, dekat pintu keluar..

Untuk masuk ke Sistine Chapel tidak diperbolehkan memakai baju yang minim, seperti tanpa lengan atau celana pendek.. dan juga tidak diperbolehkan mengambil foto, nah ini yang bikin bete.. >_<

Tapi asli WORTH IT banget!! Bagi yang mau travel ke Roma, HARUS mengunjungi Museum Vatican ini!!


2. Gereja St. Peter's Basilica

Untuk masuk gereja harus melewati lapangan besar di tengahnya, atau mengelilingi coridor di depan gereja.

Biasanya kalau kita datang agak telat, antrian untuk masuk ke gereja Basilica itu di bagian coridornya..

Ada 2 bagian dari Gereja Basilica ini, bagian pertama chapel utama yang dapat dimasuki dengan GRATIS..

bagian kedua lebih seperti Museum dari Gereja itu, untuk masuknya harus naik lift ke tingkat paling atas / menara gereja terlebih dahulu.. Ticket masuk kalau tidak salah 6/9Eur untuk naik Lift sampai ke Menara Gereja.. Sering banget kalau hari sudah agak terang, untuk masuk ke lift itu antriannya panjaaaaannnggg sekali lohhhh...

Di chapel utama gereja terdapat patung buatan Michael Angelo yang terkenal, patung bunda Maria mengangkat Tuhan Yesus.. Dan banyak lagi patung2 buatan Michael Angelo beserta rekan2nya..

Di lantai paling atas / menara gereja kita bisa lihat seluruh daerah negara Vatican yang sangat sangat kecil, juga bisa melihat kota Roma... Di bagian museum tersebut juga terdapat banyak lukisan dari Michael Angelo, salah satunya yang lumayan terkenal adalah Lukisan Angel...

Di bagian lain museum banyak terdapat kuburan santo dan santa orang2 Katholik, ada juga bagian yang dibuat seperti gua, kabarnya di dalam gua tersebut dikuburnya salah satu murid Tuhan Yesus "Petrus".. Tetapi sayangnya kuburan itu tidak bisa dilihat, hanya disediakan kaca kecil untuk mengitip ke dalam..


3. Kantor Pos di Gereja Basilica..

Di salah satu coridor Gereja ada kantor pos milik Vatican yang masih berbentuk sangat tradisional.. Kirim post card ke seluruh dunia dari kantor post itu sangat murah, kalau tidak salah ke Indonesia biayanya hanya 45Cent saja..

Di dalam kantor pos itu juga dijual banyak sekali postcard dengan gambar2 dari Vatican dan Pausnya.. Harganya pun cukup terjangkau, ada yg 20Cent sampai 1Eur..

Menurut turis2 yang datang, kalau sudah datang ke Vatican harus mengirim postcard dari tempat tersebut, walaupun hanya ke alamat sendiri.. soalnya cap dan perangko Vatican itu unik lohhh... =))


Karena waktu yang sangat2 kurang, jadi di Vatican saya hanya mengunjungi 2 tempat di atas..
yah moga-moga bisa kembali lagi yaaa... =))



0 Kommentare:

Kommentar veröffentlichen